Dari Sebuah Puisi, Nada Naila Sifa Rangkai Prestasi

SMPI TERPUT BEKASI – Siswa kelas IX SMP Islam Teratai Putih Global, Nada Naila Sifa (14),turut berpartisipasi dalam Lomba menulis puisi tingkat Nasional yang diselenggarakan secara daring. Kegiatan yang digelar pada 07 Januari 2020, oleh Catatan Pena Official tersebut digelar dalam rangka peringatan Hari Ibu.

Ketua pelaksana Catatan Pena, Dhanar IS Saputra mengungkapkan bahwa, tujuan lomba menulis puisi yang mengambil tema “Ibunda” itu diadakan yaitu untuk meningkatkan kreatifitas siswa untuk menuangkan ide dan pikirannya ke dalam sebuah tulisan berbentuk puisi.

Menurutnya, selain mengasah kreatifitas serta imajinasi siswa. Karya sastra berbentuk puisi juga dapat menjadi cerminan identitas sebuah bangsa dalam menghargai budaya.

“Sebuah puisi dapat mengungkapkan banyak hal, butuh imajinasi serta kreatifitas yang tinggi dalam menciptakan sebaris puisi. Selain itu, siswa juga dapat mengasah kepekaan Indra rasa sehingga mampu mengungkapkan peristiwa ke dalam sebuah puisi, “  Ujar Danar.

Nada Naila Sifa mengatakan, dirinya sangat senang menjadi salah seorang siswa yang mengikuti ajang lomba bertaraf nasional tersebut. Pada kesempatan lomba tersebut Nada dengan usaha kerasnya dan juga dibimbing oleh guru pendamping dari sekolahnya berhasil membuat bait-bait puisi dengan judul ‘Mamaku Duniaku’. Menurut Nada, makna dari puisi tersebut mengungkapkan ‘seorang anak yang rindu kasih sayang dari seorang ibu.’  Kata gadis imut yang gemar makan coklat itu, rangkaian kata yang dirangkai menjadi bait-bait puisi, mampu membuat pendengarnya merasakan apa yang dirasakan sang penulis.

“Suatu saat saya ingin menjadi penulis terkenal dan mampu membaca puisi seperti WD Mochtar, yang mampu membuat para pendengarnya bergetar,” tegas Nada. (da)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *