Nada Naila Sifa Terpilih Sebagai Salah Satu Siswa SMP di Indonesia yang Mengikuti Kegiatan Bengkel Sastra Indonesia

ANAK SMP NGEBENGKEL?

Bekasi, SMPI Terput. Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud telah melaksanakan kegiatan Bengkel Sastra bagi Siswa secara daring pada pertengahan Oktober sampai dengan awal November 2020. Bengkel Sastra bagi Siswa dibagi menjadi 5 kelas yang terdiri atas 3 kelas puisi dan 2 kelas pantun. Peserta Bengkel Sastra ini adalah siswa SMA/SMK/MA (kelas puisi) dan SMP/MTs (kelas pantun) dari berbagai daerah di Indonesia. Nada Naila Sifa siswi SMP Islam Teratai Putih Global menjadi salah satu pesertanya.

Tiga Kali Pertemuan

Kelas Bengkel Sastra dilaksanakan dalam tiga kali pertemuan dan setiap kelas diampu oleh satu narasumber. Nada termasuk dalam kelas pantun yang dibimbing oleh Kak Yoan Sutrisna Nugraha. Pertemuan pertama adalah  pengenalan topik latihan seperti ciri-ciri pantun, syarat pantun, macam-macam pantun, dan contoh pantun. Pertemuan kedua peserta mulai belajar bagaimana membuat pantun yang benar. Peserta dituntut untuk membuat pantun dengan cara menggunakan koleksi kata. Sedangkan pertemuan ketiga diisi dengan tes. “Jadi kita disuruh buat ngelengkapin pantun yang Kak Yoan buat, kemudian bikin pantun sendiri deh buat penilaian.” Ujar Nada.

Kesan Ngebengkel

Acara yang diadakan tanggal 19 Oktober sampai 7 November 2020 ini meninggalkan kesan tersendiri bagi Nada. “Rasanya senang sekali bisa memiliki kesempatan untuk ikut acara bengkel sastra tahun ini,” ujar Nada sumringah. Selain pengalaman, Nada mengatakan, banyak pelajaran dan suasana baru yang ia rasakan selama mengikuti bengkel sastra. “Banyak banget materi dan pelajaran  baru yang aku dapet seputar dunia perpantunan, udah gitu banyak kenal teman-teman dan lingkungan baru, walalupun secara daring,hehe,” tukas Nada. (ma)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *